Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 12 Maret 2017

Pasang Pipa Water Heater

 


Pasang Pipa Water Heater Memilih Water Heater Untuk Rumah Tangga Menggunakan water heater atau pemanas air memang perlu untuk sebagian orang. Terutama bagi masyarakat yang berada pada negara-negara yang beriklim dingin. Hubungi WA. 0813 1346 2267

Pada suhu dingin yang ektrim berendam dalam bath tub dengan air panas dapat membantu melupakan sejenak masalah dan dinginnya udara musim dingin. 

Namun, perkembangan trend masyarakat modern saat ini di daerah tropis seperti di Indonesia juga cukup meminati penggunaan water heater. Kebanyakan pembeli water heater merupakan penduduk kota besar yang sering pulang malam karena kesibukan di kantor. Berendam di bath tub ataupun sekedar membersihkan diri dengan air hangat setelah seharian bekerja cukup dapat mengistirahatkan tubuh dan membuatnya lebih rileks.

Namun bagi orang yang belum pernah dan baru akan memulai untuk menggunakan water heater, adakalanya tidaklah mudah untuk memilih water heater jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan dan juga bagaimana memulainya, menginstalasinya serta menemukan perawatan yang tepat untuk water heater yang dipilih sehingga tetap dapat memberikan hasil yang maksimal.

Begitu banyak tips yang disarankan dan membahas hal ini yang bisa diperoleh kalau kita browsing melalui internet. Namun karena sering informasi yang diperoleh masih sepotong-sepotong atau terpisah-pisah pada alamat yang berbeda, untuk itu saya coba untuk merangkumnya kedalam sebuah tulisan, sehingga harapannya akan lebih mudah dipahami dan lebih tuntas.

Umumnya di tiap negara memiliki jenis water heater favorit mereka masing-masing, contohnya water heater tenaga gas yang popular di China dan Amerika Serikat ataupun water heater tenaga listrik yang popular di Jepang. Untuk itu, bagi kita di Indonesia ada type water heater yang perlu ketahui.

Tipe water heater

Storage Water Heater (pemanas air yang menggunakan tabung penyimpan air).

Tipe ini (yang menggunakan tabung penyimpanan) adalah yang paling umum digunakan dan biasanya menggunakan listrik maupun gas sebagai sumber panasnya. Dan penggunaan gas biasanya lebih murah dibandingkan listrik.
Karena menggunakan tangki (storage), hal yang perlu anda perhatikan adalah kebutuhan air yang akan digunakan dan semakin banyak berarti anda harus memilih tangki yang lebih besar dan semakin besar tempat yang anda butuhkan untuk menaruh tangki tersebut.
Kelebihan dari tipe ini adalah air panas akan tersedia setiap saat karena air di dalam tabung akan secara berkala dipanaskan tetapi di lain sisi, biaya listrik per bulan untuk tipe ini lebih besar di banding lainnya.

Tankless or on-demand water heater (pemanas air yang tidak menggunakan tabung penyimpan air).

Tipe yang satu ini tidak akan menyimpan air tetapi langsung melakukan pemanasan melalui unit koil yang ada pada saat anda akan menggunakan. Kelebihan dari tipe ini adalah biaya listrik per bulan lebih kecil tetapi di lain sisi untuk mendapatkan panas yang cukup, daya listrik di rumah harus cukup besar. Sedangkan kekurangan dari tipe ini adalah ketersediaan air panas tidak dapat selalu disediakan, terutama untuk pengguna yang ingin menggunakan air panas secara berkesinambungan dan dalam jumlah yang besar.

Jenis Water Heater

Umumnya water heater yang terdapat di pasaran saat ini terbagi menjadi tiga jenis utama, yaitu water heater yang menggunakan listrik sebagai sumber energi, water heater menggunakan gas serta water heater yang menggunakan energi sinar matahari atau solar water heater.

Water Heater Gas. Pada Water Heater model ini, prinsip kerjanya hampir sama bila kita memasak air dengan kompor gas. Hanya saja air tidak ditempatkan kedalam panci /ceret, tetapi air dilalukan kedalam pipa-pipa yg meliuk-liuk dengan ditambahkan sirip-sirip (seperti radiator / condensor), kemudian dibagian bawahnya di bakar dengan gas LPG. Perpindahan Kalor / Panas yg terjadi akan diserap oleh sirip-sirip dan pipa yg telah berisi air. 

Demi keamanan, perlu diperhatikan Ventilasi udara didalam kamar mandi tersebut.(gunakan Exhaust Fan) Water heater bertenaga gas dapat menggunakan gas yang dipasang langsung melalui pipa ke rumah-rumah ataupun gas yang tersedia dalam tabung harga yang ditawarkan oleh water heater bertenaga gas tidak jauh berbeda dari water heater tenaga listrik. 

Namun, akses gas melalui pipa yang tidak umum di Indonesia cukup merepotkan pelanggan yang menggunakan water heater tenaga gas, hal ini karena pelanggan harus membeli dan memasang tabung gas untuk water heater mereka. Perlu diperhatikan beberapa pengalaman yang menuturkan bahwa Water Heater gas beresiko bocor, 

terutama bila proses instalasinya dilakukan oleh tukang yang mungkin kurang berpengalaman, khususnya bila unit Water Heater dipasang didalam kamar mandi. Plus minus dari jenis ini adalah : (+) harga lebih murah dibanding pemanas lain, (+) dapat beroperasi kapan pun, tanpa hambatan listrik mati (WH listrik), mendung (WH surya), atau AC mati (WH panas AC). (-) pemasangan ribet, (-) harga gas yang kian melambung membuat pengeluaran membesar.

Water Heater Listrik : Sedan

1 komentar:
Write komentar
  1. salam mas, nama saya Rahman saya rencana ingin pasang water heater ariston tapi saya belum punya pipanya, bagaimana caranya mas, mohon bantuannya.

    BalasHapus

Interested for our works and services?
Get more of our update !